Tips Memelihara Ikan Hias dengan Baik dan Benar

Tips Memelihara Ikan Hias dengan Baik dan Benar – Bagi penggemar ikan hias, memelihara dan merawat ikan hias merupakan sebuah kegiatan atau hobi yang sangat menyenangkan dan juga dapat menghilangkan stress dengan melihat ikan kesayangan anda berenang dengan sehatnya dan dengan corak serta tingkah lucunya. Selain menghilangkan stress, memelihara ikan hias juga akan memberikan suasana rileks, damai, serta menyenangkan sehingga tidak heran banyak penggemar ikan hias menjadikan ikan hias yang ditempatkan di aquarium menjadi salah satu interior rumah yang akan memberi daya tarik untuk mempercantik rumah.

Namun walaupun banyak orang yang menyukai ikan hias, tetapi terkadang untuk memelihara ikan hias menjadi suatu yang sulit karena ketidak tahuan mengenai cara memelihara ikan hias dengan baik dan benar sehingga tidak jarang ikan hias menjadi mudah sakit bahkan mati. Bagi anda yang menemui masalah yang sama tersebut, berikut beberapa tips memelihara ikan dengan baik dan benar yang dapat menjadi referensi untuk anda sebagai berikut :

1. Memilih ukuran aquarium atau kolam
Memilih ukuran aquarium atau kolam adalah salah satu faktor penting agar anda sukses memelihara ikan hias, dimana anda harus memastikan ukuran aquarium atau kolam yang anda gunakan menjadi tempat yang nyaman untuk ikan hias dan jangan sampai ikan hias anda berdesak-desakan atau saling mengganggu satu sama lain karena sempitnya aquarium atau kolam yang anda sediakan. Maka dari itu sesuaikan aquarium anda dengan ikan hias plihan anda, apabila aquarium atau kolam anda tidak terlalu besar,pilihlah ikan yang lebih kecil atau memelihara ikan dengan volume / jumlah yang tidak banyak apabila anda memilih jenis ikan hias yang besar

2. Mengetahui jenis dan sifat ikan hias yang akan dipelihara
Mengapa hal tersebut penting ? mungkin anda pernah mengenal ungkapan “tak kenal maka tak sayang” bukan ?? Mungkin hal tersebut pantas untuk anda sebelum memutuskan ikan hias untuk mengetahui jenis ikan hias apa yang akan anda pelihara serta sifatnya. Sebab ikan hias terdapat banyak jenis serta sifat yang berbeda-beda, dimana ikan hias ada yang bersifat agresif, bersifat non agresif, dan bersifat ikan teritorial yang apabila anda tidak memperhatikan hal tersebut dan mencampur ikan dengan sifat yang berlawanan, maka rentan membuat ikan hias akan gampang stress bahkan mati karena berkelahi atau dimakan ikan hias lain.

3. Memisahkan ikan yang tidak sehat
Dalam memelihara ikan hias, juga diperlukan pengamatan yang baik sebab anda harus cukup jeli melihat ikan yang sehat atau ikan yang tidak sehat yang bisa jadi karena faktor jamur, cacing, atau penyakit ikan lainnya. Apabila anda menemukan ikan anda yang sakit, maka penting untuk memisahkan dari ikan yang sehat untuk menghindari penyakit menular ke ikan hias anda lainnya.

4. Mengatur arus air dalam akuarium atau kolam
Terdapat beberapa jenis ikan hias yang memiliki syarat untuk berkembang baik dimana lingkungan aquarium atau kolam harus sebisa mungkin sama dengan habitat asli ikan tersebut, seperti ikan yang biasa hidup di arus sungai atau laut, maka anda pun harus menggunakan filter air aquarium atau kolam yang dapat menyembur dan mengalir sehingga menciptakan arus buatan yang ikan butuhkan yang terbiasa hidup dengan arus.

5. Memberi makanan dengan teratur
Makanan tentunya menjadi hal pokok untuk semua makhluk hidup termasuk ikan, maka jangan lupa memberi makan ikan anda secara teratur serta sesuai porsi dan jumlah ikan yang anda pelihara, hal yang perlu anda hindari adalah jangan berlebihan sebab aquarium atau kolam akan mudah kotor oleh sisa makanan.

Sekian Tips Memelihara Ikan Hias dengan Baik dan Benar, semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang baru ingin memelihara ikan, atau yang sudah memelihara ikan tetapi sering menemui masalah ikan yang tidak sehat atau mati. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *