Cara Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Tetap Jernih dan Sehat

Cara Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Tetap Jernih dan Sehat

Cara Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Tetap Jernih dan Sehat – Memelihara ikan hias tentunya menjadi sebuah kegiatan dan hobi yang menyenangkan untuk para pecinta ikan hias. Bagi para pecinta ikan hias pun yang tidak memiliki kolam, dapat menjadikan aquarium sebagai solusinya dimana aquarium sekarang telah menjadi primadona di kalangan pecinta ikan hias yang gemar memelihara ikan tetapi tidak memiliki lahan yang cukup untuk dijadikan kolam. Dengan aquarium, kini memelihara ikan dapat di jadikan sebagai interior didalam rumah yang cantik dan sedap untuk dipandang sekaligus untuk menghilangkan stress.

Namun seiring dengan kepopuleran penggunaan aquarium sebagai media / wadah dalam memelihara ikan, sering terjadi permasalahan yang kerap menjadi pertanyaan para pemula pecinta ikan hias yakni cara membuat dan menjaga agar air di aquarium tetap jernih dan sehat, baik itu untuk kesehatan ikan hias maupun agar sedap dipandang mata.Karena kerap kali para pecinta ikan hias di aquarium menemukan masalah aquarium menjadi cepat kotor dan tidak bersih yang berakibat pada kesehatan penghuni aquarium mudah terserang penyakit bahkan mati.

Cara Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Tetap Jernih dan Sehat

Untuk itu, kali ini aksesorisaquarium.com akan membahas cara menjaga kebersihan air akuarium agar tetap jernih dan sehat seperti mulai dari pemberian obat, tips peletakan dan pemberian aksesoris, filter, dan perawatannya yang akan kami beberkan sebagai berikut :

Perawatan Akuarium

Ada beberapa cara untuk menjaga air akuarium tetap bersih dan sehat, dimana perawatan yang dilakukan harus dilakukan secara rutin, berikut langkah-langkahnya :
1. Perawatan Setiap Hari
– Rutin memeriksa kesehatan ikan-ikan Anda
– Memberi makan ikan setidaknya setiap dua hari sekali, atau disesuaikan dengan kebutuhan jenis ikan anda dan juga pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan jenis ikan.
– Rutin memeriksa temperatur air didalam akuarium agar ikan dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

2. Perawatan Setiap Minggu
– Memeriksa keadaan termostat, jika anda menggunakan termostat
– Memeriksa filter serta pakan ikan
– Cek pH dan kandungan garam jika anda menggunakan air laut, dan selesaikan ketika terdapat hal di luar batas yang normal.

3. Perawatan Pada Minggu Kedua
– Membersihkan algae yang menempel pada kaca aquarium
– Menguras aquarium anda dan ganti dengan air yang baru

4. Perawatan Bulanan
Bersihkan semua peralatan aquarium, mulai filter hingga bagian dalamnya, serta kerikil dalam aquarium Anda.

Menggunakan Filter

1. Menggunakan Arang
Arang yang dimaksud disini adalah arang hasil pembakaran kayu dimana arang berguna untuk tetap menjaga aquarium anda tetap bersih lebih lama serta terbebas dari bau yang tidak sedap. Sebelum menggunakan arang sebagai filter di aquarium, anda harus terlebih dahulu membersihkan /mencuci dari debu dan kotoran yang halus.

2. Gunakan Filter Aquarium
Bagi anda yang tidak ingin ribet dan menginginkan filter yang instan, maka sekarang telah terdapat banyak filter aquarium yang tersedia di pasaran, baik itu di toko – toko di daerah anda maupun di toko online seperti aksesorisaquarium.com, dimana anda cukup memilih media filter yang anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan aquarium anda.

Pemberian Obat Akuarium

Terdapat banyak obat untuk aquarium dipasaran saat ini, dimana anda harus tepat memilih sesuai dengan kebutuhan aquarium anda.

1. Garam Ikan
Garam ikan bukan seperti garam umum lainnya dimana garam ikan tidak tercampur kandungan lainnya seperti yodium, dan sebagainya, melainkan murni NaCl saja. Pemberian garam ikan pada aquarium air tawar sangat banyak manfaatnya seperti sebagai pembantu proses osmosis / keseimbangan cairan pada ikan sehingga ikan bisa lebih sehat dan sembuh dari penyakitnya. Tapi untuk pemakaiannya, perlu anda memperhatikan dosis dan lama pemberiannya yang sesuai dengan tingkat kebutuhan aquarium anda.

2. Metil Blue
Metil blue terkenal sebagai obat anti jamur dan anti bakteri. Anda dapat menggunakan metil blue untuk mengatasi jamur dan bakteri di aquarium anda yang bisa anda sesuaikan dengan melihat cara pemakaian pada kemasannya. Selain 2 obat diatas, masih banyak lagi jenis obat aquarium di pasaran, dimana anda dapat memilah obat aquarium mana yang ingin anda gunakan.

Aksesoris Akuarium

Aksesoris aquarium saat ini banyak sekali macamnya, oleh karena itu hanya pilihlah aksesoris aquarium yang anda butuhkan untuk mempercantik aquarium anda, sebab apabila menggunakan terlalu banyak aksesoris, kotoran akan mudah menempel di aksesoris-aksesoris tersebut membuat aquarium anda mudah kotor dan keruh, belum lagi anda akan kewalahan membersihkan aksesoris-aksesoris tersebut ketika tiba masa pembersihan rutin mingguan / bulanan.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan mengenai cara menjaga kebersihan air akuarium agar tetap jernih dan sehat, semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang berguna bagi anda para pecinta ikan hias. Terima kasih.

Hasil Pencarian Kostumer :

  • agar air aquarium selalu jernih
  • aquarium supaya bersih
  • bagaimana cara merawat air akuarium agar tetap bersih
  • cara aquarium jernih
  • cara aquarium tetap bening
  • cara bikin air aquarium bening selalu
  • cara memelihara aquarium agar air tetap bening
  • cara menjaga agar air a
  • cara merawat air akuarium agar tetap jernih
  • cara merawat aquarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *