Tips Cara Merawat Aquarium Bagi Pemula

Aquarium Bagi Pemula

AksesorisAquarium.com – Bagi anda pecinta ikan hias, pastinya sangat menyenangkan dapat merawat dan memelihara ikan hias di aquarium di rumah sebab selain menularkan hobi, aquarium dengan ikan hias yang cantik serta dekorasi / aksesoris aquarium yang menawan tentunya akan semakin memperindah ruangan tempat aquarium berada. Tetapi terkadang, para pemula pecinta hias merasa kesulitan dalam memulai, memilih, serta merawat dan menjaga ikan hias agar tetap sehat, dan aquarium tetap sehat.

Aquarium Bagi Pemula

Nah untuk itu, kami aksesorisaquarium.com akan membahas Tips Cara Merawat Aquarium Bagi Pemula dengan simple dan mudah sehingga setiap orang pun dapat memelihara ikan hias di aquarium dengan sehat dan bersih walaupun pemula.

Sebagai pecinta ikan tentunya menginginkan aquarium yang sehat, rapi, dengan ikan ikan hias cantik dan sehat bukan ? Untuk itu, beberapa hal yang harus di perhatikan dalam merawat aquarium sebagai berikut.

1. Ukuran ikan
Pemilihan ukuran aquarium sangatlah penting, dimana jika anda hanya memiliki aquarium yang kecil janganlah memaksakan memeihara ikan hias yang berbadan / berbentuk besar. Selain ikan bertubuh besar akan cepat membuat air aquarium keruh, juga tidak baik untuk tumbuh kembang ikan hias dan juga mempengaruhi tingkat stress ikan. Jadi alangkah baiknya jika pemilihan ikan untuk aquarium anda sebisa mungkin sesuai dengan ukuran aquarium anda.

2. Perhatikan jumlah volume / habitat ikan
Volume / habitat atau jumlah ikan hias yang akan anda masukkan di aquarium menjadi hal penting yang kedua, dimana anda perlu memerhatikan jumlah ikan hias anda sesuai dengan ukuran aquarium yang anda miliki. Apabila anda memiliki aquarium dengan ukuran yang kecil, idealnya anda dapat dapat memelihara ikan hias dengan ukuran kecil sekitar 4-6 ekor walaupun bukan wajib sih, tetapi hal tersebut merupakan angka ideal dengan asumsi aksesoris aquarium yang anda gunakan, dan mengurangi kepadatan ikan hias di aquarium.

3. Jangan Berlebihan Memberikan Pakan
Pakan / pelet / makanan ikan tentunya menjadi faktor yang sangat penting dalam memelihara hewan apapun, termasuk ikan hias. Tetapi perlu anda perhatikan dalam pemberian pakan yang teratur, jangan terlalu banyak dan disesuaikan dengan kebutuhan. Berlebihan memberikan pakan / pelet untuk ikan hias, selain akan boros, juga akan mudah membuat air aquarium keruh dan kotor sebab sisa pakan ikan yang membusuk yang berakibat ikan dapat menjadi kurang sehat, dan penampilan aquarium anda akan tidak sedap di pandang. Jika anda memberikan pakan / pelet untuk ikan hias anda, baiknya anda memberikan pakan sedikit demi sedikit agar anda dapat dengan mudah memantau apakah ikan hias anda masih lapar atau sudah cukup.

4. Gunakan Filter Air
Memiliki aquarium tentunya tidak terlepas dengan aksesoris aquarium yang anda gunakan. Aksesoris aquarium yang sangat penting dan dianjurkan adalah menggunakan filter air untuk menyaring air dari kotoran sehingga mengurangi kadar amoniak yang ada didalam air di aquarium anda.

5. Rutin Mengganti / Menguras Air Aquarium
Terakhir adalah rutin mengganti / menguras air di aquarium anda agar aquarium anda tampak tetap bersih, dan air nya pun akan tetap sehat untuk ikan hias anda. Ketika menguras air aquarium, jangan dikuras hingga bersih, tetapi sisakan sekitar 20 % – 25 % dan tambahkan air yang baru dan bersih.

Sekian Tips Cara Merawat Aquarium Bagi Pemula, semoga dengan tips tersebut dapat membantu anda para pemula atau yang baru ingin memiliki aquarium agar aquarium anda tampak tetap bersih, dengan ikan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *