Cara Merawat Ikan di Aquarium Agar Tidak Mudah Mati

Cara Merawat Ikan di Aquarium Agar Tidak Mudah Mati

AksesorisAquarium.com – Apakah anda salah satu dari pecinta ikan yang sering menemukan masalah menemukan ikan hias kesayangan anda mati di aquarium tanpa sebab yang anda ketahui ? Yup, kadang hal tersebut sangatlah menjengkelkan sebab dimana anda sudah merawat dan menjaga ikan hias anda dengan baik, yang terjadi malah ikan anda mati lagi tanpa sebab dan alasan. Sebenarnya, ikan anda mati tentunya memiliki penyebab, tetapi mungkin penyebabnya tidak anda perhatikan karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam merawat ikan hias di aquarium.

Kali ini, aksesorisaquarium.com akan memberi tips cara merawat ikan di aquarium agar tidak mudah / gampang mati. Apa sajakah itu, simak penjelasan sebagai berikut, semoga bisa menjadi ilmu dan sumber referensi untuk menambah pengetahuan bagi anda para pecinta ikan hias.

Cara Merawat Ikan di Aquarium Agar Tidak Mudah Mati

1. Menurut Jenis ikan
Anda harus dapat memilih jenis ikan yang akan anda pelihara, dimana ada tiga jenis ikan yang perlu anda pilih yakni :
-Ikan Non Agresif, Ikan yang tidak menyerang ikan jenis lainnya seperti : ikan koki, ikan platy, ikan komet, ikan mas, dsb
-Ikan Agresif, Ikan yang suka menyerang ikan jenis lainnya seperti Arwana, Louhan, Piranha, Oscar, dsb
-Ikan Teritorial, Ikan yang mempunyai daerah kekuasaan seperti : Lemon, Niasa, Manfish, Gurami mini, dsb

Cara penempatan jenis ikan :
-Ikan agresif tidak boleh dicampur dengan ikan teritorial
-Ikan agresif tidak boleh dicampur ikan non agresif (harus)
-Ikan Non agresif boleh dicampur ikan teritorial asal aquarium cukup besar dan terdapat banyak tumbuhan air, karang, dan aksesoris aquarium semacamnya.

2. Menurut Habitat Ikan
Menurut habitat ikan dibagi tiga yakni kedalaman air, arus Air, dan cahaya di air

a.Kedalaman air dibagi 3 yaitu Atas, tengah dan bawah. Contoh Ikan atas adalah Guppy, Molly, Platy. Contoh ikan tengah yaitu komet, Koki, dan manfish. Contoh Ikan bawah adalah Botia, lemon, dan niasa.

b.Arus air ada yang Deras dan Tenang.
Bila anda memelihara ikan air deras seperti platy, koki, dollar dan sebagainya, maka dibutuhkan filter yang menyemburkan air mengalir. Dan bila anda memelihara ikan air tenang seperti gurami mini, manfish, sepat mutiara, lohan, oscar, dan sebagainya maka berikanlah pembatas berupa karang atau batu didepan semburan filter agar mereka tidak terganggu arus yang deras.

c.Cahaya di air : Beberapa jenis ikan suka dengan cahaya, tapi ada juga ikan yang tidak suka cahaya, seperti ikan neon tetra yang tubuhnya menyala seperti neon, namun karena tubuhnya bercahaya itu maka dia ditakdirkan hidup di tempat gelap, jadi jika anda memelihara ikan neon jangan diberi banyak cahaya.

3. Berdasarkan makanan terbagi 3 yaitu Carnivora, Herbivora dan omnivora
-Carnivora pemakan hewan seperti udang, cacing, ulat dsb
-Herbivora pemakan tumbuhan seperti lumut, alga, dsb
-Omnivora pemakan hewan dan tumbuhan

Apakah sekarang anda bisa menyimpulkan mengenai ikan apa saja yang pas anda pelihara yang sesuai dengan keinginan anda dan tidak ada lagi kejadian ikan yang mati. Namun, dari penjelasan diatas, sebenarnya hal tersebut tidaklah mutlak karena bisa jadi anda sangat menginginkan suatu jenis ikan karena warna atau bentuknya, tetapi karena peraturan-peraturan tersebut anda tidak perlu membatalkan keinginan anda, dimana anda cukup membuat solusi cara mengatur aquarium anda, baik dari dekorasi, ukuran, aksesoris aquarium, dan sebagainya.

Semoga pembahasan mengenai cara merawat ikan di aquarium agar tidak mudah mati dapat berguna dan bermanfaat bagi anda para pecinta ikan, sehingga anda dapat secara seksama memperhatikan detail-detail mengenai ikan hias dan aquarium anda agar ikan yang mati tidak menjadi masalah lagi.

Hasil Pencarian Kostumer :

  • bolehkah aquarium koki diberi arus water pump
  • cara memilih ikan untuk diakuarium dan yg harus ada diakuarium agar ikan tidak cepat mati
  • kepenyebab ikan di aquarium mati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *